Connect with us

Daerah

Timsus Gurita Polres Tanjungbalai Lumpuhkan Spesialis Curanmor

Published

on

RRSumut – Lantaran mencoba melakukan perlawanan hingga melukai tiga petugas, SDS alias Bagong (34), tersangka spesialis pelaku pencurian sepeda motor Kota Tanjungbalai akhirnya dilumpuhkan dengan timah panas Timsus Gurita Polres Tanjungbalai.

Tersangka yang merupakan penduduk Jalan Sudirman No.216, Kelurahan TB Kota II, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjungbalai ditangkap petugas pada hari Jumat lalu.

SDS alias Bagong (34) menjadi tersangka atas laporan pegaduan dari Turisman (54), warga Jalan Melati, Lingkungan I, Kelurahan Selat Lancang, Kecamatan Datuk Bandar Timur, Kota Tanjungbalai sesuai dengan Laporan Polisi Nomor : LP /23/X/2019/SU/Res T.Balai, tanggal 31 Oktober 2019.

Dalam laporannya tersebut, Turisman (54) mengaku telah kehilangan satu unit sepeda motor pada hari Kamis tanggal 31 Oktober 2019 sekira pukul 02.30 WIB saat diparkir dalam keadaan terkunci di depan rumah di Jalan Nangka, Kelurahan TB Kota II, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjungbalai oleh orang yang tidak dikenal.

Akibat kejadian tersebut, korban kehilangan satu unit sepeda motor jenis Vario type D1A02N18M nomor rangka MH1JFX112JK376704 dan nomor mesin JFX1E1374075 dengan plat nomor polisi BK 4112 QAI beserta surat-surat penting yang berada di dalam jok sepeda motor.
Setelah menerima laporan, Timsus Gurita Polres Tanjungbalai langsung bergerak melaku melakukan penyelidikan dan akhirnya diketahui, bahwa pelaku pencurian sepeda motor dari Turisman (54) menuju adalah tersangka SDS alias Bagong (34).

Timsus Gurita Polres Tanjungbalai langsung bergerak mencari tersangka dan pada hari Jumat (1/11) sekitar pukul 13.10 Wib, tersangka SDS alias Bagong (34) berhasil ditangkap dari kawasan Jalan Durian, Kelurahan Sirantau, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai bersama sepeda motor hasil kejahatannya tersebut.

Selanjutnya, Timsus Gurita Polres Tanjungbalai melakukan pencarian barang bukti kejahatan lainnya, saat itu tersangka sudah mulai melawan petugas dengan meneriaki anggota Timsus Gurita serta meminta tolong kepada masyarakat sekitar, akan tetapi masih berhasil diamankan petugas Timsus Gurita.

“Pada saat petugas tetap melanjutkan pencarian barang bukti, tersangka kembali melakukan perlawanan hingga melukai tiga orang personil Timsus Gurita sehingga tersangka terpaksa dilumpuhkan dengan melakukan tindakan tegas /terukur yaitu dengan menembak kaki sebelah kanan tersangka lalu dibawa ke rumah sakit umum untuk mendapatkan perawatan atau tindakan medis”, kata Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira, Minggu (3/11).

Menurut AKBP Putu Yudha Prawira, dalam pemeriksaan petugas, tersangka Surya Dharma Sinaga alias Bagong (34) juga mengakui, pernah melakukan pencurian sarang walet dan kayu bekas bongkaran rumah di Jalan Abadi, Kota Tanjungbalai akan tetapi, korbannya tidak ada yang membuat Laporan ke Kantor Polres Tanjungbalai.

Atas perbuatannya itu, lanjutnya, tersangka diancam melakukan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua (curanmor) sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 ayat (1) ke (3e) subsidair 362 dari KUHPidana dengan ancaman hukuman pidana penjara selama 7 (tujuh) tahun.

“Dari tersangka, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 (satu) unit sepeda motor honda Vario warna hitam milik korban Turisman yang di curi oleh tersangka, pakaian dan celana yang digunakan tersangka saat melakukan pencurian, 1 (satu) unit kendaraan bermotor honda jenis Beat warna biru putih dengan memakai nomor polisi palsu BK 2542 VBM tanpa dilengkapi dengan dokumen BPKB/STNK yang sah. Karena bukti-bukti kejahatannya sudah cukup dan tidak kooperatif/ diduga keras akan melarikan diri, maka terhadap tersangka dilakukan penahanan di RTP Polres Tanjungbalai terhitung sejak tanggal 2 Nopember 2019”, kata Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira. [Realitarakyat.com]

Loading...
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daerah

Giliran Sekda Kota Medan Diperiksa KPK

Published

on

Continue Reading

Daerah

DPRD Tak Tahu Dana Pilkada Kota Tanjungbalai Naik Jadi Rp 14,5 Miliar

Published

on

Continue Reading

Daerah

Sekolah Bangun Pagar, Wali Murid Diwajibkan ‘Kolekan

Published

on

Continue Reading




Loading…