Connect with us

Hukum

Dituding Amankan Anies, Novel Baswedan Singgung Laporan TransJakarta Jokowi ke KPK

Published

on

Realitarakyat.com – Penyidik Senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah dilaporkan ke KPK soal pengadaan Bus TransJakarta.

Hal itu diungkapkannya, saat memberikan klarifikasi atas tudingan dirinya ‘bermain mata’ dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Awalnya, Novel mengakui dirinya memang pernah bertemu dengan Anies karena masih ada hubungan saudara. Namun pertemuan tersebut, bagi Novel, bukanlah sesuatu yang bermasalah.

“Karena Pak Anies itu tidak pernah ada kasus di KPK. Soal orang dilaporkan banyak kok. Kita tak perlu sebut satu per satu, jangankan pejabat-pejabat, Pak Jokowi juga dilaporkan ke KPK kasus yang TransJakarta-nya dulu,” kata Novel Baswedan, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Dia juga menjelaskan, setiap aduan di KPK pasti akan diproses oleh tim untuk kemudian diproses sebagai kasus yang naik ke penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan.

Tetapi tidak semua kasus yang dilaporkan bisa lanjut diproses. Seperti, laporan TransJakarta yang tak diproses karena tidak dianggap sebagai perkara.

“Tapi kan KPK pada akhirnya tidak melihat itu seperti perkara kan. Enggak dianggap masalah,” kata Novel menambahkan.

Novel pun menyebutkan, yang menjadi masalah bila bertemu dengan orang yang sedang diperiksa dalam kasus atau perkara, baru itu jadi masalah.

“Kalau Pak Anies kan nggak ada masalah. Tidak pernah ada penyelidikan terkait Pak Anies. Saya ketemu Pak Anies sebagai saudara, biasa saja,” tuturnya. (ndi)

Loading...
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hukum

Divonis Bebas, Sofyan: Kita Mendengarkan Saja

Published

on

Continue Reading

Hukum

Polisi akan Lakukan Rekonstruksi di Rumah Penggelonggong Anak

Published

on

Continue Reading

Hukum

KPK Periksa Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham Jabar

Published

on

Continue Reading




Loading…